Bagaimanakah Tren Pemasaran Digital di Indonesia ?


Pemasaran digital (digital marketing) sejatinya merupakan aktivitas promosi baik untuk sebuah brand ataupun produk dengan menggunakan media elektronik (digital). Berbicara mengenai digital, tampaknya tidak akan lepas dari kata ‘internet’.
Siapa diantara Anda yang tidak menggunakan internet sampai saat ini? Tentunya sangat jarang untuk menemukan orang yang seperti ini. Karena internet telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi, keberadaan internet didukung dengan adanya teknologi-teknologi modern. Dan semua orang telah menggunakan teknologi terseut dalam kehidupannya sehari-hari.
Menurut penelitian, di tahun 2018, pengguna perangkat untuk mengakses internet telah mencapai 5,1 milyar pengguna. Dan jumlah ini akan terus bertambah seiring berjalan waktunya. Melalui data ini, dinyatakan hampir semua orang menggunakan internet untuk semua keperluannya. Lantas bagaimana dengan penggunaan internet di Indonesia?

Fakta Tentang Penggunaan Internet di Indonesia

Indonesia adalah salah negara bekembang di dunia. Namun, semua penduduknya sudah sangat akrab dengan internet. Karenanya, penggunaan internet di Indonesia begitu tinggi. Menurut penelitian, Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia untuk pengguna internet terlama didunia. Ditambah lagi dengan peringkat ketiga dunia sebagai pengguna internet yang mengaksesnya melalui perangkat mobile.
Selain kedua hal tersebut masih banyak prestasi Indonesia lainnya. Dan semuanya mengacu pada, bahwa penggunaan internet telah banyak digunakan di Indonesia. Karena internet banyak membantu dalam menjalankan berbagai aktivitas. Melalui informasi ini pula, didapatkan kenyataan bahwa cara pemasaran digital atau online cocok diterapkan di Indonesia.

Bagaimanakah Tren Pemasaran Digital?

Besarnya penggunaan internet sekarang ini membuat banyak perusahaan penyedia jasa digital marketing bermunculan. Untuk membuat digital marketing digunakan berbagai dasar yang menarik. Namun, dari semuanya itu, tiga dasar inilah yang paling sering digunakan, berikut informasinya:
  • Memaksimalkan media sosial, karena semakin hari semakin banyak orang yang menggunakannya.
  • Menggunakan perintah suara, karena lebih mudah untuk sampaikan pesan dengan jelas.
  • Penggunaan media audio visual, karena lebih menarik dan jelas untuk sampaikan pesan pemasaran.
Tiga hal ini, dapat membantu pemasaran agar lebih efektif dan memberikan hasil lebih baik. Penyamapaian informasi pun lebih mudah dan dapat tersampaikan dengan jelas. Ditambah lagi, pemasaran yang dilakukan tidak membutuhkan banyak dana.
Bentuk dari digital marketing ini telah berubah dibandingkan beberapa tahun lalu. Targer pasar pun menjadi lebih terlibat dalam proyek atau dapat berkontribusi lebih banyak. Bahkan bisa dikatakan, bahwa pemasaran ini telah menjadi dua arah, antara perusahaan penyedia jasa dan konsumen. Salah satu jenis penghubung ini adalah video chat ataupun pembayaran online. Hal ini pula yang menyebabkan banyak jenis pemasaran secara digital maupun online. Karenanya, perkembangan digital marketing di Indonesia berkembang dengan pesar.

Pemasaran Digital di Indonesia

Walaupun sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki perkembangan digital marketing yang sangat pesat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengeluaran dana perusahaan untuk pemasaran digital yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2018, dikeluarkan dana $ 2,1milyar sedangkan tahun 2020 diprediksi akan mencapai $ 4,3 milyar dan tahun berikutnya dipastikan akan terus meningkat.






Melalui data ini, diketahui bahwa peluang perusahaan penyedia jasa digital marketing sangatlah besar. Sayangnya, untuk mendapatkan kesuksesan, masih terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, diantaranya:
  • Adanya penggunaan Adblokers yang berlebihan
  • Keterbatasan dana dan minimnya kemampuan serta sumber daya,
  • Kurang fasilitas
  • Waktu melihat iklan yang sempit,
  • Kecepatan internet yang masih tergolong lemah dibandingkan negara lain,
  • Banyaknya pilihan produk dan layanan di pasar, dan
  • Kebiasaan konsumen yang terus berubah
Meskipun masih banyak tantangan, bukan berarti usaha ini minim peluang. Karena terdapat satu metode efektid yang dapat digunakan, yaitu pemasaran melalui media sosial. Keunggulan pemasaran ini adalah tidak mengeluarkan dana yang besar. Selain itu, pemasaran melalui media sosial lebih efektif dilakukan. Namun tetap harus memperhitungkan tentang desain dan bentuk pemasaran, agar menarik di mata konsumen.

Selain itu, terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan penyedia jasa digital marketing. Adapun hal penting tersebut adalah perangkat mobile yang digunakan, pesan pemasaran, serta pengalaman yang didapatkan konsumen. Jika ketiganya diperkuat, proses pemasaran dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, ketika konsumen tertarik, maka produk atau jasa yang di pasarkan akan semakin laris.

Selain mengedepankan tiga hal tersebut, perusahaan penyedia jasa harus menambahkan fitur-fitur, seperti Geolocation, VR, Live streaming, chatbots, augmented reality, virtual reality dan yang lainnya. Setelah menambahkan fitur ini, perusahaan dapat lebih sukses. Dan salah satu perusahaan yang berhasil menggunakannya adalah Arfadia.

Perusahaan Pemasaran Digital Terkemuka di Indonesia, Arfadia


Arfadia adalah perusahaan teknologi informasi yang membuat berbagai macam produk sekaligus salah satu Digital Marketing Agency besar di Indonesia. Pendiri Arfadia, Tessar Napitupulu, merupakan seorang Digital Marketing Strategist dan Entrepreneur yang ambisius untuk selalu berinovasi dalam membangun produk yang bermanfaat bagi segmen tertentu. Sebagai salah satu perusahaan pemasaran digital Arfadia memiliki berbagai layanan untuk memuaskan pelanggannya, diantaranya :
  • Layanan web hosting – untuk kebutuhan pemasaran online perusahaan dan dilengkapi dengan keamanan terbaik.
  • Pembuatan audio, video dan multimedia – agar pemasaran menjadi lebih efektif.
  • Desain website – untuk membuat website lebih menarik dan menyampaian pesan yang baik.
  • Pembuatan aplikasi mobile – membuat daya pemasaran digital menjadi lebih luas.
  • Pemasaran digital yang terintegrasi – cara terkini untuk pemasaran produk
  • Pembuatan aplikasi website – membuat website lebih interaktif dan lebih menarik untuk konsumen.
  • Layanan pemotretan untuk komersil – membantu dapatkan gambar terbaik agar pesan pemasaran tersampaikan dengan baik.
  • Membantu perusahaan lebih menonjol dari kompetitor dengan desain identitas bisnis dan perusahaan.
Selain memiliki layanan yang beragam, Arfadia telah membentuk beberapa produk digital. Berikut beberapa produk yang dibuat Arfadia :
  • ATERA – toko online yang menjual alat peraga dan jual mainan anak. Tersedia berbagai jenis alat peraga pendidikan ataupun peraga kesehatan yang tersedia. Karena tersedia hampir 500.000 produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • SODEA – aplikasi yang membantu kebutuhan administrasi desa. Sehingga pekerjaan perangkat desa menjadi lebih efisien.
  • PIA – intranet portal yang berguna untuk membantu kebutuhan komunikasi internal perusahaan ataupun pembangunan bangunan.
  • Sistem pengawas transaksi di media sosial.
  • SIDIA – media pembelajaran sekolah / media edukasi anak untuk semua kurikulum, tersedia untuk SD hingga SMA.
  • Project Management Tools untuk membantu operasi bisnis.
Tidak hanya produknya yang beragam, Anda harus menjadikan Arfadia sebagai pilihan karena memiliki beberapa sertifikasi internasional seperti :
  • ISO 9001:2008, Quality Management System,
  • ISO 14001: 2004, Environmental Management System
  • OHSAS 18001:2007, Management System Occupational Health And Safety
Tersedia juga beberapa keunggulan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih Arfadia dan membandingkannya dengan perusahaan penyedia jasa lainnya, diantaranya:
  • Visi misi yang sesuai dengan perkembangan digital marketing masa depan
  • Tenaga ahli dan berpengalaman
  • Menempati peringkat atas diantara agensi pemasaran digital di Indonesia
  • Memiliki desain dan metode yang revolusioner dibuktikan dengan penghargaan internasional
  • Memiliki sertifikasi ISO yang telah diakui oleh internasional.
Penyedia jasa digital marketing memanglah cukup banyak beredar di pasaran. Namun, perusahaan penyedia jasa digital marketing terbaik adalah Arfadia. Karena Arfadia miliki keunggulan yang beragam dan digital marketing saat ini dapat menjadi solusi terbaik untuk pemasaran produk dan jasa Anda. Lokasi Digital Agency Terbaik di Indonesia disini




Sumber : https://www.duniafintech.com/pemasaran-digital-arfadia/


Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga

Inilah Toko Peralatan Baby Terbaik