Fungsi dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Tabung sentrifugasi

Bagi orang awam, banyak yang belum mengenal apa itu tabung sentrifugasi, apalagi alat peraga kimia tabung sentrifugasi dengan skala 10 ml. Tapi bagi para orang-orang sainsdan para laboran, istilah untuk alat peraga bernama tabung sentrifugasi pasti sudah tidak asing lagi. Tabung sentrifugasiadalah tabung reaksi yang berbentuk silinder, juga berupa wadah gelas yang dikalibrasi sesuai dengan slot sentrifus untuk analisis dan pemisahan berbagai bahan. Biasanya teknisi laboratorium menguji sampel cair-padat atau cairan tidak-bercampur pada tabung sentrifugi ini. Atau dengan kata lain, tabung sentrifugasi biasa juga digunakan untuk memisahkan zat padat dengan ukuran kecil yang menyebar rata di dalam cairan. Volume larutan tersebut terlalu kecil untuk bisa disaring.Sehingga, daripada disaring, akan lebih memungkinkan untuk memisahkan cairan dan padatan dengan cara memasukkan cairan tersebut ke dalam tabung sentrifugasi untuk kemudian dimasukkan ke dalam alat sentrifugasi.

Di dalam alat sentrifugasi, alat peraga kimia tabung sentrifugasi dengan skala 10 mldiletakkan ke dalam lubang-lubang pada rotor dan berputar mengikuti kecepatan yang dikehendaki. Kata “sentrifugasi” pada alat peraga ini diambil langsung dari nama gaya yang berperan dalam proses yang diujikan padanya. Gaya yang dimaksud adalah gaya sentrifugal. Dengan menggunakan bantuan gaya sentrifugal, objek yang diputar secara horizontal dengan jarak tertentu secara otomatis akan melakukan pemisahan dengan sendirinya. Partikel-partikel zat padat kan menuju dinding tabung yang kemudian akan terkumpul dan terakumulasi menjadi endapan. Endapan inilah yang mulanya berupa padatan yang tercampur merata di dalam cairan larutan.
Alat peraga kimia tabung sentrifugasi dengan skala 10 ml adalah salah satu dari komponen alat sentrifugasi, sedangkan komponen lainnya adalah rotor dan instrument sentrifus. Rotor berperan sebagai penentu kecepatan yang akan diterapkan pada proses sentrifugasi dan prFoduk apa yang akan ditargetkan. Rotor dibedakan menjadi dua berdasarkan bentuk dan hasil yang diproduksinya, yakni Fixed-angle Rotor dan Swing Rotor.Sedangkan instrumen sentrifugis adalah komponen dari alat sentrifugasi yang berfungsi sebagai alat penggerak. Hal ini dikarenakan di dalam instrument tersebut terdapat motor yang dapat berputar dan mampu mengatur kecepatan perputaran.
Alat peraga kimia tabung sentrifugasi dengan skala 10 mlmemiliki dimensi 11.00 x .00 x 2.00 mm dan berat 0,01 Kgs. Cukup ringan dan mudah digunakan bahkan untuk anak-anak Sekolah Menengah Pertama. Tabung sentrifugasi terbuat dari bahan kaca yang tahan terhadapa reaksi kimia. Mengingat pentingnya alat peraga kimia ini, bisa dikatakan bahwa tabung sentrifugasi termasuk perangkat yang wajib dimiliki oleh setiaplaboratorium bahkan di sekolah sekalipun.
Mengikuti perkembangan jaman yang sudah semakin modern ini, cara pembelian ataupun pembelanjaan sebuah barang sudah tidak lagi hanya berupa tatap muka atau berhadapan langsung antara penjual dan pembeli. Saat ini, bahkan hanya dengan duduk manis di rumah atau di kantor saja, barang yang ingin dibeli bisa langsung sampai dengan selamat. Cara mudah ini pun bisa dilakukan untuk pembelian alat peraga kimia tabung sentrifugasi dengan skala 10 ml. Cukup hanya dengan membuka website ini dan melakukan pembelian secara online alat peraga yang diinginkan, pembeli sudah bisa mendapatkan alat tersebut tanpa bersusah payah lagi. Dan hebatnya lagi, melalui website ini pembeli bisa langsung mendapatkan diskon sebesar 10%. Semakin banyak barang yang dibeli, semakin banyak pula diskon yang didapat.

Komentar

  1. This article are supper help full if you want to know more about DiSC trainer then please click here.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif