Kenali Manfaat Alat Peraga Fisika Radiasi Panas

Radiasi adalah perpindahan panas yang tidak membutuhkan perantara untuk bisa sampai dari sumber panas menuju tempat lain. Contoh radiasi yang paling mudah dilihat dalam kehidupan sehari – hari adalah sinar matahari atau api unggun yang bisa sampai ke bumi dan manusia tanpa perantara baik zat padat, zat cair maupun zat gas. Pada umumnya radiasi terjadi pada sumber kalor yang berkekuatan tinggi. Untuk mengukur radiasi, ada alat khusus yang dimanfaatkan. Karena termasuk pada mata pelajaran fisika, maka alat peraga fisika radiasi panas juga menjadi salah satu kelengkapan laboratorium fisika.

Jika dilihat dari fungsi dan manfaatnya, alat untuk mengukur radiadi panas bisa dikategorikan sebagai alat ukur proteksi radiasi serta sistem pencacah dan spektroskopi. Adapun alat ukur proteksi radiasi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari terutama pada  kegiatan keselamatan kerja yang berkaitan dengan radiasi. Dalam penerapannya, angka atau nilai yang dipaparkan adalah dalam satuan dosis. Contoh alat ini yaitu Rontgent, rem, atau Sievert. Alat peraga fisika radiasi panas merupakan salah satu pembelajaran terpadu untuk para siswa di sekolah pada mata pelajaran fisika supaya mereka bisa menerapkan prinsipnya di kehidupan nyata setelah lulus nanti.
Yang akan lebih sering ditemukan di laboratorium sebagai kelengkapan fasilitas yaitu sistem pencacah dan spektroskopi. Manfaat dari alat ini adalah sebagai media pengukuran intensitas radiasi serta energi radiasi. Hasil yang dipaparkan oleh sistem pencacah dan spektroskopi sangat akurat sehingga keberadaan alat ini sangat berpengaruh bagi percobaan - percobaan yang dilakukan. Berbeda dengan alat ukur proteksi radiasi, alat berupa sistem pencacah biasanya lebih sering ditemukan pada laboratorium – laboratorium. Ciri – ciri radiasi secara umum adalah tidak bisa dirasakan secara langsung serta dapat menembus apapun jenis bahan yang ada diantara sumber radiasi dengan objeknya. Dengan demikian, alat peraga fisika radiasi panas akan sedikit banyak mempengaruhi pemahaman tentang konsep ciri radiasi serta dosis tersebut. Dosis inilah yang kemudian menjadi referensi tentang banyaknya jumlah radiasi.
Alat peraga fisika radiasi panas bisa dibeli di toko alat – alat laboratorium. Toko online yang sangat recommended dalam melayani jual beli produk alat peraga baik mata pelajaran kima maupun fisika adalah Toko Edukasi yang bisa diakses dengan mudah melalui halaman website http://www.atera.id/. Saat melihat tampilan toko online, akan ada beberpa kategori dari alat peraga yang berkaitan dengan edukasi seperti alat peraga luar biasa yang digunakan di Sekolah Luar Biasa (SLB), alat bantu terapi fisik, alat bantu tuna daksa, alat bantu tuna netra, alat bantu tuna rungu dan sebagainya. Selain itu ada juga kelengkapan alat peraga SMK seperti alat peraga autotronik, alat peraga elektronika, dan alat peraga otomotif.
Alat peraga fisika radiasi panas termasuk dalam kategori alat peraga IPA yang terdiri dari alat peraga biologi, alat kimia, alat peraga fisika, alat peraga matematika, alat peraga matematika 3d, ,dan alat peraga matematika 2d. Selain itu, masih banyak lagi alat peraga edukatif yang berkualitas dan dijual dengan harga terjangkau bahkan mendapat banyak diskon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif