Fungsi dan Peranan Alat Peraga Kimia Gelas Kimia

Alat peraga kimia gelas kimia adalah salah satu komponen penting di laboratorium. Tidak hanya di laboratorium kimia, gelas kimia juga sering dijumpai di laboratorium fisika maupun biologi. Fungsinya yang kompleks membuat alat ini banyak dibutuhkan para peneliti dan siswa yang melakukan kegiatan pembelajaran kimia. Pada umumnya, sekolah yang memiliki laboratorium sendiri akan mempunyai setidaknya beberapa buah gelas kimia sebagai alat peraga materi – materi IPA terpadu maupun terapannya. Misalnya saja saat melakukan peragaan larutan, suspensi dan koloid. Dengan menggunakan gelas kimia yang bening maka para siswa akan bisa memahami mana larutan yang tidak memiliki endapan, mana koloid yang tidak bisa dibedakan antara pelarut dan zat terlarutnya, serta mana suspensi yang ada endapan.

Fungsi lain dari gelas kimia adalah mengukur suatu larutan dengan garis – garis yang ada pada bagian luarnya. Contoh penerapan percobaan yang sangat membutuhkan gelas kimia adalah percobaan fisika hukum Archimedes. Hukum Archimedes menjelaskan bahwa jumlah volume benda yang masuk akan sama dengan jumlah volume pertambahan benda. Jika bejana tidak cukup maka jumlah tersebut akan mempengaruhi berapa volume benda yang keluar dari bejana. Dalam percobaan ini, garis – garis yang menunjukkan volume pada alat peraga kimia gelas kimia akan sangat penting dalam memahami konsep bahwa jumlah volume tersebut tetap dan tidak bertambah atau berkurang. Hanya berpindah tempat saja.
Pada umumnya, sekolah – sekolah akan memprioritaskan dalam pembelian alat peraga kimia gelas kimia karena fungsinya yang begitu luas. Pada percobaan biologi, alat ini juga berfungsi untuk uji kandungan makanan dan percobaan tentang klorofil yang membutuhkan proses pemanasan. Ada beberapa jenis gelas kimia yang tahan dipanaskan, biasanya bahan utama alat ini adalah kaca bening tahan panas. Namun, ada juga sebagian gelas kimia yang dibuat dari plastik tebal sehingga tidak bisa digunakan percobaan yang membutuhkan proses pemanasan. Pada umumnya para produsen akan menawarkan berbagai pilihan dengan penjelasan yang terstruktur sehingga pihak sekolah dapat memilih sesuai kebutuhan pada kompetensi dasar dan materi pembelajaran.
Jika ingin membeli alat peraga kimia gelas kimia dengan harga terjangkau, maka kunjungilah situs jual beli online http://www.atera.id. Toko Edukasi sebagai pengelola website tersebut telah memberikan penawaran berupa katalog yang akan bisa diakses dari PC maupun smartphone. Harga yang ditawarkan untuk produk ini adalah Rp 111.500,00. Namun, dalam promosinya toko ini memberikan diskon sebanyak 35% sehingga harganya tinggal menjadi Rp 72.475,00. Dengan demikian, setiap pembelian unitnya konsumen akan mampu menghemat biaya sampai Rp 39.025,00. Karena memiliki kualitas yang tinggi, barang – barang di Toko Edukasi diberikan surat retur yang bisa digunakan apabila terjadi kesalahan atau kerusakan di luar pemakaian.
Jangan khawatir dengan spesifikasi dari alat peraga kimia gelas kimia yang tersedia di Toko Edukasi. Untuk dimensinya, pembeli akan mendapatkan produk berukuran 7,00 x 25.00 x 25.00 dengan berat  0,1 kg atau kurang lebih 100 gram. Sistem keseimbangan dari produk tersebut juga amat tinggi sehingga apabila diletakkan pada plat atau kaki tiga untuk dipanaskan maka tidak akan mengganggu isi dari larutan yang dicobakan. Proses pelarutan pun bisa berjalan tanpa intervensi dari luar karena bahan tidak berpori dan tidak rembes sehingga dapat lebih mudah dimanfaatkan sebagai media percobaan yang berkualitas. Hasil percobaan pun akan semakin akurat karena tidak mendapat pengaruh luar.
Sumber : http://blog.atera.id/detail/54/fungsi-dan-peranan-alat-peraga-kimia-gelas-kimia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif