Seputar Alat peraga Kimia Labu ukur yang perlu kamu ketahui

Salah satu alat peraga yang sudah tidak asing lagi ditemukan di dalam laboratorium kimia adalah labu ukur. Labu ukur sendiri adalah bejana bulat datar berdinding tipis dengan leher panjang yang sempit, di mana terdapat tanda dalam bentuk garis annular tipis di tengahnya. Labu ukur memiliki beberapa kapasitas yang berbeda yaitudari 25 ml sampai2000 ml. Kali ini yang akan khusus kita bahas adalah alat peraga kimia labu ukur atau sering disebut juga dengan labu volumetrik.
 Labu ukur sendiri pada umumnya dibagi menjadi  2 jenis yaitu labu ukur berwarna bening dan labu ukur berwarna gelap/amber (fungsinya adalah melindungi larutan yang terpengaruh oleh ada atau tidaknya cahaya). Sedangkan untuk penutup labu ukur atau bisa disebut dengan stopper ini juga dibagi menjadi dua yakni yang terbuat dari plastic dan yang terbuat dari kaca. alat peraga kimia labu ukur 25 ml pyrex umumnya termasuk jenis labu ukur berwarna bening dengan stopper terbuat dari kaca.

 Alat peraga kimia labu ukur 25 ml pyrexdigunakan untuk mempersiapkan larutan dengan konsentrasi yang tepat (yaitu larutan standar), dan juga untuk menipiskan kepekatan larutan yang ada ke volume tertentu dengan keakurasian yang tinggi. Inilah fungsi utama dari labu ukur.Larutan yang akan diencerkan mula-mula dimasukkan ke dalam labu volumetrik melalui corong, kemudian siram/bilassisa zat dari larutantersebut dari corongdengan air suling.Untuk melarutkan zat yang dimasukkan ke dalam labu, tambahkan air suling sampai sekitar setengah volumenya. Gerakkan/goyangkan labu ukur dengan gerakan memutar/melingkar  dalam tempo yang lambat sehingga isi labu tercampur secara menyeluruh dan terbentuklarutan homogen.
Kemudian tambahkan beberapa porsi air melalui corong sampai tingkat cairan di bawah tanda melingkar di leher labu menunjukkan angka sekitar 3mm sampai 5 mm. Kemudian, sisa air ditambahkan setetes demi setetes dan volume cairannya disesuaikan persis dengan sasarannya. Untuk pengukuran volume cairan yang benar di labu volumetrik (dan dalam wadah pengukur lainnya), perlu diperhatikan bahwa mata pengamat dan tanda melingkar di lehernya harus berada pada bidang horizontal yang sama. Tidak disarankan untuk menyimpan larutan di dalam labu ukur. Larutan yang sudah diencerkan harus dipindahkan ke dalam bejana/perangkat yang terbuat dari kaca. Sebelum menggunakan labu ukur, sebaiknya labu dicuci terlebih dahulu dengan sabun karena penggunaan labu ukur akan lebih optimal jika dalam keadaan bersih dan kering.
Alat peraga kimia labu ukur 25 ml pyrex memiliki dimensi  14.00 x 4.00 x 2.00 dan berat 0,02 Kgs.  Labu volumetrik yangsatu ini bisa disebut sebagai salah satu alat peraga kimia yang harus dimiliki oleh setiap laboratorium di setiap sekolah. Labu ukur ini dipercaya memiliki tingkat ketelitian yang lebih akurat dan presisi dibandingkan dengan tabung reaksi lainnya yaitu gelas ukur dan gelas breker. Hal inilah yang mendukung tabung reaksi yang satu ini menjadi salah satu perangkat favorit di laboratorium.
Di jaman yang sudah serba modern seperti saat ini, sudah tidak perlu susah-payah lagi dalam mencari Alat peraga kimia labu ukur 25 ml pyrex ini. Cukup dengan mengunjungi website  http://www.atera.id/ dan mengetikkan nama alat peraga yang dibutuhkan di bagian Search / Cari, maka akan muncul berbagai jenis dan ukuran alat peraga yang diinginkan dan dibutuhkan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh website ini adalah, Anda akan mendapatkan diskon sebesar 10% dari harga normal. Sehingga anda bisa lebih menghemat uang Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga