Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Laboratorium sains selalu penuh dengan peralatan dan alat peraga kimia yang memungkinkan kita melakukan eksperimen, melakukan pengamatan, dan menganalisis sampel yang berbeda. Semua instrumen tersebut kebanyakan terbuat dari kaca atau porselin. Unutk kali ini, kita akan membahas bagian penting dari peralatan/alat peraga laboratorium, yakni alat peraga kimia pinggan / cawan penguap 100 ml.Cawan penguapkecil ini berupa cawan porselen berbentuk melingkar dengan moncong kecil di samping yang digunakan untuk mentransfer isi materi yang akan diujikan. Alat peraga ini bisa menampung sampel berbentuk zat padat dan zat cair dalam volume kecil. Cawan penguapporselen juga bisa menahan suhu tertentu yang lebih tinggi dibanding kaca.

Cawan penguap yang kita temui di laboratorium kimia biasanya menampung sampel dalam skala kecil. Namun, sampel yang lebih besar dapat diujikan dengan menggunakan cawan/pinggan penguap degnan  kapasitas yang lebih besar  (pinggan penguap yang lebih besarini lebih dangkal dan berbntuk setengah bulat untuk mengakomodasi volume cairan yang lebih besar). Bentuk alat peraga kimia pinggan / cawan penguap 100 mlmembuat penguapan menjdi lebih mudah karena permukaannya yang luas dimana zat pelarutnya lebih mudah terkena atmosfer.Seperti yang berlaku dalam hukum fisika, larutan yang terkena atmosfer/udara akan lebih cepat menguap dibanding larutan yang tidak terkena atmosfer.
Bahan dari alat peraga kimia pinggan / cawan penguap 100 mldapat menahan suhu yang lebih tinggi tanpa terjadi keretakan pada cawan tersebut. Hal ini memungkinkan beberapa fungsi umum cawan itu sendiri, seperti menguapkan larutan dari pelarut atau disebut juga dengan penguapan pelarut. Penguapan pelarut adalah proses yang menghilangkan bagian larutan yang lebih mudah menguap. Hal ini menghasilkan pelarut yang memiliki kandungan zat terlarut yang lebih tinggi. Dengan kata lain, dengan menguapkan pelarut, kita mendapatkan zat dengan larutan yang lebih terkonsentrasi. Cara menguapkan pelarut ini bisa dibilang cukup mudah dan konvensional.  Larutan yang ingin diuapkan dimasukkan ke dalam cawan penguap di atas kasa kawat/asbes besi dengan api dari pembakar Bunsen/spirtus yang terletak di bawahnya. Pelarut akan menguap dan menghasilkan larutan yang lebih terkonsentrasi.
Fungsi umum lainnya dari alat peraga kimia pinggan / cawan penguap 100 ml adalah mengeringkan sampel. Dalam beberapa eksperimen kimia, kita memiliki lapisan endapan yang merupakan hasil reaksi kimia. Endapan ini biasanya tidak dikeringkan saat diproduksi dan masih mengandung beberapa pelarut di dalamnya.Mengukur hasil eksperimen dengan benar dalam kimia sangat penting. Untuk itu, kita perlu mengeringkan endapan dalam alat peraga oven pada suhu yang sesuai. Cawan penguap yang dirancang untuk menahan suhu tinggi, adalah porselenyang biasa digunakan untuk mengeringkan sampel.Saat berada di cawan penguap lah kemudian sampel dapat dikeringkan.Selain itu, cawan penguap ini bisa juga digunakan untuk menutupi bagian atas gelas Beaker untuk menghindari isidi dalam beaker dari kontaminasi oleh debu atau polutan.
Untuk mendapatkan alat peraga kimia pinggan / cawan penguap 100 ml pada era modern saat ini sangatlah mudah. Tidak perlu lagi susah payah berkeliling dari satu toko ke toko lainnya, atau dari satu daerah ke daerah lainnya. Anda cukup masuk ke halaman website  http://www.atera.id/dan mengetikkan alat peraga yang Anda inginkan. Setelah transaksi berhasil, maka alat peraga yang Anda pesan akan sampai ke tempat Anda dengan cepat dan selamat.

Postingan populer dari blog ini

Alat Peraga Kimia Pipa penghubung bentuk Y dia 7 mm

Perlengkapan Alat Peraga Kimia Batang Pengaduk Untuk di Laboratorium

Alat Peraga Kimia Pipa Kapiler dan Fungsinya