Spesifikasi Alat Peraga Fisika Pompa Paskal Yang Perlu Anda Cermati

Salah satu alat peraga yang harus ada pada kelas fisika adalah pompa paskal, pompa ini adalah metode fisika yang menggunakan prinsip-prinsip kerja hukum pascal, penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak dan salah satunya adalah pada pompa tersebut. Menggunakan alat peraga fisika pompa paskal menjadikan peserta didik lebih mudah menyimpulkan apa itu sejatinya hukum pascal dan bagaimana sistemnya, menggunakan alat peraga ini juga membanti siswa-siswa lebih memahami secara konkrit bagaimana hukum pascal daripada hanya membaca dan mendengarkan teorinya. Selain itu, siswa juga dapat mencoba sendiri alat peraga ini.

Bagi anda yang belum akrab dengan pompa paskal ini, pompa pascal adalah sebuah alat peraga yang biasanya ada pada laboratorium fisika dan berguna untuk menunjukkan bahwa sebuah tekanan cairan akan dialirkan ke berbagai arah, alat peraga fisika pompa paskal ini kebanyakan terbuat dari material kaca khusus yang kuat, anda tidak perlu khawatir kaca tersebut akan pecah sebab, kaca yang digunakan sudah didesain khusus untuk digunakan pada alat peraga fisika tentang fluida. Sedikit informasi tambahan pula, bahwa bentuk dari alat pompa ini hampir mirip dengan sebuah suntikan dimana sumbatannya terbuat dari foal dan tarikannya terbuat dari kawat besi yang berbahan dasar stainless steel. Kaca yang digunakan sebagai material dasar juga ternyata tahan panas sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Sebelum anda membeli alat peraga fisika pompa pascal ini, ada beberapa tips dan spesifikasi yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, terlebih lagi jika anda membelinya secara online :
  1. Perhatikan apakah produk yang dijual menggunakan kaca atau bukan, jika dalam deskripsi tertulis menggunakan kaca, anda tetap dapat mengajukan pertanyaan apakah kaca yang digunakan tahan panas dan didesain khusus untuk peraga pompa pascal atau bukan.
  2. Perhatikan gambar yang dicantumkan, anda sebaiknya memilih membeli dari suatu situs terpercaya seperti situs atera.id/. Dalam situs ini anda akan dipaparkan pada deskripsi produk yang lengkap dan gambar-gambar yang sesuai dengan aslinya, untuk masalah harga yang dibandrolpun tidak perlu diragukan lagi.
  3. Perhatikan dan tanyakan juga pada si penjual apakah bahan material yang digunakan pada tarikan alat peraga ini terbuat dari stainless steel atau bukan, hal ini sangatlah berpengaruh jika tidak menggunakan bahan stainless steel maka dikhawatirkan akan mudah berkarat dan akan mencemari cairan yang ada didalamnya.
Ketiga tips sebelum membeli alat peraga fisika pompa pascal tersebut juga dapat anda terapkan ketika membelinya secara langsung di toko-toko penjual alat peraga fisika, menggunakan alat peraga ini siswa akan jauh lebih mengerti dan baham apa saja alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan sistem hukum pascal, selain itu untuk menambah pengetahuan mereka, siswa juga dapat mencoba sendiri pompa pascal tersebut sambil mencermati bagaimana konsep dasar dan kinerja dari hukum pascal tersebut dalam paraktiknya (bukan hanya sebtas teori). Selain dalam bentuk pompa sebetulnya hukum pascal ini juga terdapat pada alat-alat lainnya, hanya saja yang paling mudah dipahami adalah penerapannya dalam pompa ini.
Berdasarkan hasil penelitian, manfaat dari penggunaan alat peraga fisika pompa pascal ini faktanya dapat mempermudah siswa mempelajari fisika tanpa bingung dan tingkat kepahaman siswa yang belajar menggunakan alat peraga ini jauh lebih matang daripada mereka yang tidak menggunakan alat peraga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif