Perlengkapan Laboratorium dan Perawatan Alat Peraga Fisika Beban Berkait 50 Gram

Apa saja perlengkapan penting yang harus ada di setiap laboratorium? Pada dasarnya, ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan pada proses percobaan, penelitian, maupun penulisan laporan di laboratorium. Salah satu dari alat – alat tersebut adalah alat peraga fisika beban berkait 50 gram yang biasa dijumpai pada percobaan mengenai berat benda. Banyak laborat yang memberikan saran bagi para peneliti untuk membeli alat ini karena fungsinya amat kompleks jika digunakan dalam percobaan dan penelitian. Terutama pada bidang fisika, pemakaian beban berkait tersebut dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk memahamkan siswa tentang suatu materi relevan.

Bentuk dari alat peraga fisika beban berkait 50 gram adalah silinder kuning dengan bahan logam atau kuningan yang memiliki pengait pada bagian depan dan belakangnya. Fungsi pengait pada bagian depan adalah untuk menghubungkan alat peraga beban dengan neraca. Sedangkan fungsi pengait pada bagian belakang adalah untuk menghubungkan alat peraga beban dengan alat peraga lain sebagai salah satu media pembelajaran jumlah massa benda. Jadi, akan ada gabungan dari beberapa benda sekaligus yang bisa diukur dan terintegrasi dalam suatu kesatuan dengan pengukuran secara gabungan maupun sendiri – sendiri. Pada umumnya, siswa yang mengadakan percobaan di bidang fisika untuk materi massa benda adalah dari jenjang SMP. Selanjutnya pada jenjang SMA akan ada pengukuran kembali dalam materi pembelajaran satuan vektor.
Soal harga, alat peraga fisika beban berkait 50 gram tergolong berada dalam rentangan yang tidak terlalu mahal. Di Atera.id yang dapat diakses melalui alamat website http://www.atera.id. Pada display katalog onlineya. Bagaimana dengan spesifikasi alat peraga fisika beban berkait 50 gram? Untuk kelengkapan informasi detailnya, konsumen juga bisa langsung melihat deskripsi dari produk secara online. Dimensinya adalah 5,00 x 2,00 x 2,00. Dari segi fisik, bentuknya adalah silinder dan pengait menyerupai setengah lingkaran. 
Bahan utama dari alat tersebut adalah kuningan atau logam. Jadi baik silinder maupun pengaitnya sama – sama dari kuningan atau logam. Karena terbuat dari bahan tersebut, maka kekuatan alat ini juga bisa diprioritaskan. Alat pemberat tersebut tidak akan mudah rusak dan tidak juga bersifat ringkih. Hanya saja, saat sebelum atau setelah melakukan percobaan maka siswa, peneliti, guru dan laborat harus memastikan penyimpanannya sudah dilakukan dengan benar.
Alat peraga fisika beban berkait 50 gram bisa bertahan selama bertahun – tahun dengan perawatan yang maksimal. Namun, karena tidak mudah berkarat maka perawatannya tidak perlu terlalu ekstra. Di laboratorium, gunakan alat ini seperlunya saja dan jangan meninggalkan dalam keadaan terpapar sinar matahari atau lembap. Hindarkan pula dari reaksi kimia dengan asam atau larutan yang bersifat korosif. Selain itu, alat ini juga harus dibersihkan dengan alkohol supaya tidak mudah ditempeli bakteri. Sebaiknya tempat atau kotak penyimpanan dilengkapi dengan kapas atau kain yang menyerap kelembapan. Selain itu fungsi lain dari kapas atau kain adalah menghindarkan alat tertabrak dengan alat lainnya yang berada dalam satu kotak. Karena tabrakan bisa menyebabkan alat mudah rusak.

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen di laboratorium sekolah

Alat Peraga Kimia Pipa penghubung bentuk Y dia 7 mm

Perlengkapan Alat Peraga Kimia Batang Pengaduk Untuk di Laboratorium