Pengertian dan Fungsi Alat Peraga Kimia Klem Universal

Pada sekolah – sekolah dan di laboratorium kimia, pasti dibutuhkan berbagai macam alat untuk menunjang kegiatan percobaan atau penelitian. Salah satu jenis alat yang sangat penting sebagai peraga kimia adalah klem universal. Alat peraga kimia klem universal adalah sebuah alat yang terbuat dari bahan logam jenis alumunium die casting yang memiliki struktur kuat. Pada umumnya alat ini memiliki warna silver atau agak abu – abu muda sesuai dengan warna bahannya yaitu logam terutama alumunium die casting. Ada bentuk silinder memanjang yang terletak di pangkal alat, lalu di bagian tengahnya ada per dan sekrup. Pada bagian ujung yang satunya terdapat penjepit dengan bentuk seperti setengah lingkaran dan cork atau gabus yang tebal.



Bentuk silinder tersebut adalah batang. Pada alat peraga kimia klem universal batang berfungsi sebagai pegangan sekaligus titik kuasa. Ukuran dari batang klem universal adalah diameter 10. Bahan batang berbentuk silinder tersebut adalah stainless steal yang memiliki kekuatan cukup besar dan sifatnya tidak mudah bereaksi dengan karat atau tidak korosif. Jadi, penyimpanan alat ini tidak perlu amat khusus. Yang penting ada di tempat kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Alat ini bisa dibeli melalui website atera.id. Sebagai salah satu penunjang pembelajaran, alat peraga kimia klem universal memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menjelaskan bagaimana suatu percobaan bisa terjadi. Bentuk rahang yang setengah lingkaran akan bisa bermanfaat untuk menjepit sesuatu yang berbentuk silinder.

Karena pada percobaan kimia sering dilakukan percampuran 2 atau lebih zat yang diletakkan di tabung – tabung berbentuk silinder, maka klem universal ini akan bisa membantu menjepit sesuai dengan kebutuhan percobaan. Selain itu, jika diterapkan pada laboratorium sekolah, alat ini akan bisa membantu siswa dalam melakukan percobaan sehingga terhindar dari interaksi langsung bersama laurtan atau zat kimia berbahaya.

 Fungsi bagian pegas di tengah alat peraga kimia klem universal adalah untuk menyesuaikan ukuran beban yang diapit. Jadi, ada sistem pengaturan di bagian tengah alat tersebut. Sebagai salah satu pesawat sederhana, alat ini masuk ke dalam kelompok pengungkit jenis pertama yang memiliki titik tumpu di antara titik kuasa dan beban. Jenis – jenis pengungkit yang serupa dengan klem universal adalah gunting, jungkat – jungkit, dan tang. Agar bisa digunakan secara maksimal, alat ini harus diatur setelannya sesuai dengan ukuran silinder yang diapit.

Mengatur penjepit bisa dilakukan dengan baut kupu – kupu yang terpasang di bagian tengah. Hal ini penting karena jika terlalu longgar, maka bisa jadi bebannya akan jatuh dan pecah. Hal ini tentu cukup berbahaya mengingat setting penelitian yang dilakukan berhubungan dengan zat – zat kimia. Selain tidak boleh terlalu longgar, agar bisa berfungsi secara optimal maka beban juga tidak boleh terlalu besar diameternya. Sesuaikan ukuran penjepit dengan diameter silinder beban yang diapit.

 Karena jika melebihi batas maksimal yang bisa ditolerir oleh pegas, alatnya bisa rusak atau beban bisa pecah. Hal ini juga cukup berbahaya terutama saat digunakan pada penelitian. Apabila di sekolah ada kelompok percobaan yang membutuhkan alat peraga kimia klem universal, maka sebaiknya guru menjelaskan tentang bagaimana penerapannya secara benar sesuai prosedur keamanan. Pengetahuan ini merupakan salah satu implementasi kurikulum 2013 yang harus menganut asas – asas keamanan dan keselamatan kerja. Ukuran dari benda yang bisa diapit oleh alat ini adalah antara diameter 2 mm – 70 mm.

sumber : http://blog.atera.id/detail/36/pengertian-dan-fungsi-alat-peraga-kimia-klem-universal

Postingan populer dari blog ini

Alat Peraga Kimia Pipa penghubung bentuk Y dia 7 mm

Perlengkapan Alat Peraga Kimia Batang Pengaduk Untuk di Laboratorium

Alat Peraga Kimia Pipa Kapiler dan Fungsinya