Mengukur PH secara Tepat dengan Alat Peraga Kimia PH Universal

PH adalah ukuran konsentrasi ion hidronium (H3O+) dalam sebuah cairan. Ini diukur pada skala logaritma negatif dari 0 sampai 14. Larutan asam di bawah pH 7, dengan 0 adalah yang paling asam. Larutan dasar diatas pH 7, dengan 14 adalah yang paling dasar. Larutan dengan pH 7 dianggap netral. Contoh larutan netral adalah air murni pada suhu kamar. Di kelas sains, ada banyak aktivitas yang membutuhkan pengujian pH. Mereka termasuk titrasi kimia, pengujian kualitas air sains lingkungan, dan laboratorium proses biologis. Seiring guru sains merencanakan kegiatan ini, mereka mungkin terbebani oleh beragam pilihan pengujian yang tersedia, termasuk alat peraga kimia PH Universal, indikator pH cair, kertas uji pH, dan pH meter.

Sama seperti alat peraga kimia PH Universal, indikator PH juga sering digunakan untuk mengukur kadar PH dalam cairan. Indikator asam basa cair adalah asam organik lemah atau basa yang hadir sebagai warna yang berbeda dalam bentuk asam dan basa. Indikator memiliki kisaran pH spesifik yang berubah dari bentuk asam ke bentuk dasarnya. Indikator tidak berguna di luar kisaran pH karena indikator tidak berubah warna melebihi nilai pH ini.Beberapa alat uji pH yang paling banyak digunakan adalah indikator pH, termasuk fenolftalein, biru bromthymol, dan lakmus.
Alat peraga kimia PH Universal adalah campuran dari beberapa indikator pH yang berbeda yang memperpanjang kisaran pH tempat mereka beroperasi. Indikator universal Bogen adalah campuran metil merah, biru bromthymol, dan fenolftalein, dan menunjukkan pada kisaran pH yang lebar 4,0 sampai 10,0 pada tahap warna diskrit. Indikator cairan sangat berguna dalam titrasi asam basa, di mana perubahan pH yang nyata terjadi di dekat titik ekivalen. Pilih indikator pH yang kisaran pHnya jatuh dalam perubahan pH reaksi. Indikator pH juga biasa digunakan untuk melakukan pengecekan cepat terhadap pH sampel air (aquaria, kolam, air minum). Metode pengukuran pH ini cepat, murah, dan mudah.
Jika Anda melakukan laboratorium basah di kelas sains, anda mungkin perlu menguji pH pada suatu saat. Pertimbangkan biaya, presisi, akurasi, mudah dibawa, dan kenyamanan saat memilih metode pengujian pH.  Pastikan untuk menyimpan alat peraga kimia PH Universal dengan benar. Selalu simpan strip tes di wadah aslinya atau di wadah kedap udara lain. Jangan biarkan mereka terkena uap air atau suhu ekstrim. Indikator cair dan beberapa strip tes mungkin memiliki tanggal kedaluwarsa. Perhatikan juga dan ikuti instruksi penyimpanan khusus. Sebelum menggunakan, ujilah indikator atau strip Anda dalam larutan pH yang diketahui (selain air) untuk memastikannya bekerja dengan baik. Jika mereka tidak memberikan nilai pH yang diharapkan, buang dan pesanlah persediaan segar. Untuk penyimpanan meter genggam jangka panjang, keluarkan baterai untuk meminimalkan risiko korosi, kebocoran baterai, atau ledakan dan kerusakan pada unit. Unit genggam maupun meter bangku tidak boleh disimpan dalam kondisi ekstrim atau di lingkungan yang basah. Selalu rujuk ke panduan pabrikan untuk penyimpanan yang benar.
Kini, untuk membeli alat peraga kimia PH Universal, anda, para guru, dan laboran, tidak perlu bersusah payah mencarinya dari toko alat peraga yang jarang ditemui di pasaran. Atera.id menyediakan semua macam alat peraga terutama untuk kebutuhan laboratorium dan kelas sains. Alat peraga yang dijual sangatlah lengkap, dan pengiriman barang akan terjamin keamanannya tanpa pecah, atau rusak sedikitpun.

Sumber :  http://blog.atera.id/detail/50/mengukur-ph-secara-tepat-dengan-alat-peraga-kimia-ph-universal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium