Memanfaatkan Alat Peraga Kimia Thermometer Badan Dengan Prinsip Keilmuan

Thermometer merupakan sebuah alat yang dipakai dalam pengukuran suhu atau temperatur. Tidak hanya untuk mengatur temperatur pada satu waktu saja tetapi saat ini sudah banyak thermometer yang bisa memetakan perubahan suhu dari satu waktu ke waktu lainnya. Secara bahasa, kata thermometer berasal dari kata thermo yang memiliki arti panas dan meter yang memiliki arti alat ukur. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keberadaan thermometer sangat penting sejak dulu di zaman kuno meskipun bentuk dan fungsinya masih sangat sederhana. Saat ini, sudah banyak perkembangan fisik dan perluasan fungsi thermometer. Salah satu jenis thermometer yang banyak difungsikan di sekolah atau laboratorium adalah alat peraga kimia thermometer badan.


Pada dasarnya, thermometer ada beberapa jenis. Dulu, thermometer konvensional memanfaatkan air raksa sebagai perekam suhu yang diukur. Namun, seiring dengan perkembangan waktu maka sudah banyak inovasi yang lebih modern untuk jenis – jenis thermometer seperti sensor suhu bandgap silikon, termokopel, termometer dengan inframerah, merkuri termo, termometer galileo, termometer alkohol, termometer badan, termistor, termometer bimetal mekanik, dan termometer laboratorium. Beberapa thermometer tersebut sudah menggunakan sistem digital dan masih ada banyak jenis yang menggunakan sistem komputerisasi. Perkembangan dan fungsi thermometer yang semakin kompleks inilah dasar bagi para siswa untuk harus belajar dengan alat peraga kimia thermometer badan.
Banyak thermometer yang digunakan di badan. Ada beberapa thermometer badan yang masih menggunakan air raksa dan ada pula yang sudah berbasis digital. Thermometer itu contohnya thermometer digital telinga, thermometer digital dahi, termometer digital mulut, dan thermometer strip. Thermometer telinga adalah alat yang memanfaatkan sinar infra merah sebagai media pengukuran suhu tubuh di bagian saluran telinga. Alat ini bermanfaat untuk menentukan suhu secara  cepat serta cukup akurat hanya dalam hitungan detik. Lain lagi dengan Thermometer digital dahi yang memanfaatkan sinar infra merah sebagai media penentu suhu tubuh di bagian arteri temporalis sisi dahi. Untuk bentuknya, thermometer dahi lebih mirip dengan thermometer telinga. Namun, untuk alat peraga kimia thermometer badan sendiri lebih menekankan pada thermometer badan yang digunakan di bagian ketiak.
Alat peraga kimia thermometer badan dapat bermanfaat bagi pembelajaran yang berkaitan dengan suhu tubuh manusia atau kalor. Dengan cara yang sesuai prosedur, alat ini akan bisa memberikan banyak manfaat yang berbasis prinsip keilmuan. Alat ini menjadi salah satu media yang penting dan wajib ada di laboratorium kimia. Mengapa demikian? Karena banyak materi pembelajaran kimia yang menyinggung tentang kalor atau suhu tubuh. Tentu dalam hal ini manfaat dari thermometer badan akan sangat terasa. Alat ini mampu menampilkan informasi yang masih abstrak di mata siswa dan menjadikannya terkonversi menjadi angka yang lebih mudah diterjemahkan atau ditangkap oleh pemahaman para siswa.
Berapa harga alat peraga kimia thermometer badan? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dilakukan beberapa survei tentang harga. Tetapi ada website yang berani memberikan potongan harga begitu fantastis hingga alat ini dapat dibeli dengan amat murah. Toko Edukasi yang membuka situs online di alamat http://www.atera.id/ akan siap melayani permintaan konsumen atas alat – alat peraga dari berbagai mata pelajaran termasuk kimia. Harga yang ditawarkan untuk setiap unit thermometer badan adalah Rp 43.500,00. Tetapi kemudian harga ini masih dipotong sebesar Rp 26.100,00 sehingga pembeli bisa menghemat 40% atau sekitar Rp 17.400,00.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga