Kegunaan Utama Alat Peraga Fisika Beban Berkait 200 Gram

Salah satu jenis percobaan yang dilakukan dalam pembelajaran fisika atau IPA terpadu pada jenjang SMP dan SMA adalah tentang berat, masa, gaya dan pegas. Dalam pengukuran massa, sebuah pemberat tentu akan diperlukan sebagai media pendukung percobaan. Ada beberapa pemberat yang diperlukan dalam pakem pembelajaran. Salah satunya adalah alat peraga fisika beban berkait 200 gram. Alat ini memiliki kegunaan utama sebagai pemberat dalam percobaan tentang massa. Dengan alat beban berkait, maka siswa akan bisa memahami bahwa berat suatu benda dapat mempengaruhi nilai ukur yang ditunjukkan pada neraca. Karena alat ini memiliki pengait di bagian depan dan belakang, maka pada umumnya jenis neraca yang digunakan adalah neraga pegas.

Kegunaan lain dari alat peraga fisika beban berkait 200 gram adalah sebagai penentu besarnya gaya yang diberikan dalam percobaan tentang Gerak Lurus Beraturan atau GLB dan Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB. Pada umumnya, alat beban berkait dihubungkan dengan sesuatu yang memiliki roda misalnya mobil – mobilan lalu ditarik dengan gaya tertentu sehingga akan bisa disimpulkan rumus serta pengertian tentang GLB maupun GLBB. Karena fungsinya yang amat kompleks, hampir seluruh laoratorium IPA terpadu di SMP maupun laboratorium fisika di SMP maupun SMA pasti memiliki beberapa unit alat beban berkait. Tidak hanya yang berukuran 200 gram, tetapi ada juga beberapa ukuran lain untuk alat ini.
Salah satu toko yang menjual aneka alat peraga fisika dengan koleksi lengkap adalah atera. Kelebihan dari atera adalah dapat melayani pembelian segala benda yang terkait dengan peraga pada seluruh konsumen di Indonesia. Mengapa demikian? Karena saat ini telah ada katalog online di alamat website atera.id. Calon pembeli seperti guru atau laborat dapat melihat dulu tampilan display katalog dan membaca bagaimana deskripsi atau ulasan konsumen tentang alat peraga fisika beban berkait 200 gram. Selain itu masih banyak juga alat peraga fisika, kimia dan biologi yang sangat dibutuhkan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran secara komprehensif.
Harga yang ditawarkan untuk setiap produk alat peraga fisika beban berkait 200 gram adalah Rp 81.000,00. Namun jika ingin membelinya sekarang, konsumen hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 56.700,00 karena produk ini sedang didiskon sebesar 30% atau kurang lebih Rp 24.300,00. Jadi, akan banyak keuntungan yang ditawarkan oleh atera bagi siapapun konsumennya baik perorangan maupun lembaga. Jika ingin memperoleh lebih banyak keuntungan maka pembelian grosir sangat direkomendasikan.
Spesifikasi dari alat peraga fisika beban berkait 200 gram yang dijual di atera adalah memiliki dimensi 8,00 x 3,00 x 3,00 dengan berat 200 gram tepat. Bahan yang dipakai untuk membuatnya yaitu bahan kuningan atau logam. Spesifikasi lain dari segi fisik benda yaitu mempunyai 2 pengait yakni pada bagian depan dan belakang. Jadi, alat ini akan bisa dimanfaatkan secara global, baik dari segi keilmiahan maupun lebih umum lagi untuk menentukan berat benda. Dengan pengait pada bagian depan dan belakangnya, maka alat tersebut dapat dikaitkan dengan pemberat lain yang berbeda ukuran atau benda lain di luar pemberat untuk menentukan massa atau berat gabungan dari 2 benda atau lebih. Di sekolah yang tingkatannya lebih rendah seperti SD atau TK, alat beban berkait akan bisa bermanfaat dalam pembelajaran mengenalkan konsep berat.

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan Alat Peraga Kimia Batang Pengaduk Untuk di Laboratorium

Alat Peraga Matematika Papan Koordinat Untuk Membantu Belajar Anak

Alat Peraga Kimia Pipa Kapiler dan Fungsinya