Kegunaan Alat Peraga Kimia Tabung Reaksi Pyrex

Pelajaran kimia sudah mulai diajarkan secara terintegrasi dengan fisika dan biologi sejak SMP. Tetapi setelah siswa melanjutkan pendidikan di SMA maka akan ada sistem penjurusan. Berdasarkan kurikulim 2013 terbaru, maka penjurusan ke IPA, IPS atau Bahasa akan dilakukan pada kelas X. Di kelas X IPA salah satu pelajaran yang penting dan dijadikan bahan Ujian Nasional dalah kimia. Karena kimia adalah mata pelajaran yang cukup abstrak, maka segala jenis penjelasannya sangat perlu dibantu alat peraga. Contoh perlengkapan pendukung pembelajaran di laboratorium kimia adalah alat peraga kimia tabung reaksi pyrex 20 x 150 mm.

Alat peraga kimia tabung reaksi pyrex 20 x 150 mm sangat bermanfaat bagi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep dasar dan penerapan materi kimia. Materi – materi yang diajarkan dengan menggunakan perlengkapan laboratorium tersebut contohnya reaksi redoks, reaksi asam basa, pemisahan larutan, dan sebagainya. Tema atau bab tersebut selain abstrak juga melibatkan banyak angka sehingga sangat diperlukan alat peraga yang bisa membantu siswa dalam mencoba sendiri setiap tahapan sesuai prosedur. Cara belajar ini disebut metode discovery learning. Dengan memanfaatkan tabung reaksi secara seksama, maka proses belajar setiap siswa bisa menuai keberhasilan. Salah satu indikator keberhasilan siswa adalah mampu melakukan percobaan secara terstruktur, menulis laporan, mempresentasikan dan menyimpulkan hasilnya.
Ada banyak pilihan harga alat peraga kimia tabung reaksi pyrex 20 x 150 mm. Pihak sekolah atau siswa sendiri boleh memiliki perlengkapan ini karena tidak butuh biaya banyak untuk memilikinya. Yang perlu digarisbawahi adalah setiap pembelian harus mempertimbangkan kualitas dan bukan hanya sekedar harga. Meskipun harganya bisa jadi sangat murah, tetapi tanpa kualitas yang baik tentu pihak sekolah akan rugi. Apalagi jika yang memakainya adalah siswa dalam rentang usia remaja. Jika tidak hati – hati maka tabung reaksi bisa cepat pecah, retak atau rusak.
Jika pihak sekolah seperti guru, bagian sarana prasarana atau laborat ingin membeli alat peraga kimia tabung reaksi pyrex 20 x 150 mm, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan memesan melalui toko yang terpercaya. Salah satu toko yang sangat direkomendasikan adalah Toko Edukasi. Penjual alat – alat peraga pembelajaran dari berbagai bidang dan jenjang tersebut bisa dilihat profilnya pada alamat website http://www.atera.id. Di sana, pembeli akan diberikan gambar asli dari setiap alat peraga termasuk tabung reaksi. Harga yang ditawarkan untuk perangkat laboratorium ini adalah Rp 16.000,00 dipotong diskon 30%  sebesar Rp 4.800,00.
Harga setelah diskon untuk setiap unit alat peraga kimia tabung reaksi pyrex 20 x 150 mm adalah Rp 11.200,00. Harga ini tentu sangat terjangkau untuk benda berdimensi 15,00 x 2,00 x 2,00 yang memiliki banyak manfaat terutama dalam percobaan kimia tersebut. Jadi, sebaiknya tidak hanya pihak sekolah dalam sistem laboratorium saja yang memiliki perangkat seberat 0,02 kg atau 20 gram ini. Tetapi siswa pun bisa memiliki beberapa unit alat supaya lebih mudah dalam melakukan percobaan sederhana di rumah. Selain karena harganya yang terjangkau, tabung reaksi juga dibuat dari bahan pilihan berkualitas. Oleh karena itu, siswa yang memilikinya pun tetap bisa merawat alat ini berdasarkan prosedur sederhana seperti mencuci dan mengeringkan serta menyimpan di tempat kering supaya tidak berjamur. Hal ini sangat penting karena intervensi jamur bisa mengganggu pros5bahan pilihan berkualitas. Oleh karena itu, siswa yang memilikinya pun tetap bisa merawat alat ini berdasarkan prosedur sederhana seperti mencuci dan mengeringkan serta menyimpan di tempat kering supaya tidak berjamur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif