Kegunaan Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen di laboratorium sekolah

Krusibel merupakan suatu tempat yang berbentuk seperti cawan yang dapat menahan suhu yang tidak lebih dari 3000C dan terbuat dari tanah liat. Tempat ini dilaborotaorium digunakan untuk memanaskan atau melarutkan bahan kimia yang berbentuk serbuk, cair  maupun padat, alat ini selalu ada pada setiap di laboratorium IPA. Benda berwarna putih ini memiliki tutup dengan warna putih pula memlliki ukuran yang sama dengan wadahnya tau tempatnya, tempat  ini lebih dikenal dengan cawan lebur terdiri bermacam-macam ukuran salah satunya adalah alat Peraga Kimia Krusibel Porselen  terdapat di laboratorium dan benda ini sering dipergunakan oleh para siswa yang sedang melakukan pelajaran IPA atau kimia.

Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen
Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen

Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen 30 mldigunakan dilaboratorium untuk belajar dan mengajar pelajaran IPA pada sebuah sekolah, alat peraga yang digunakan menguapkan suatu cairan ataupun   mengabukan atau  membakar kertas saring menjadi bentuk abu.  Bermacam-macam percobaanyang dilakukan menggunakan tempat ini dengan cara memasukkan bahan kimia yang ingin dilarutkan diaduk terlebih dahulu menggunakan batang pengaduk lalu dibakar diatas buner / pembakar spiritus dengan menggunakan Kaki tiga sebagai penyangganya.  Dengan meenggunakan percobaan pelajaran IPA lebih mudah dipahami dan dipelajari, dengan percobaan diharapkan pula para siswa dapat mencintai pelajaran IPA dan pelajaran ini buka pelajaran yang harus ditakuti ataupun tidak disukai. Alat peraga ini juga bisa didapatkan di http://www.atera.id/dengan berbagai ukuran yang dibutuhkan.

Logam-logam dipanaskan dengan  menggunakan Krusibel  dengan sifatnya yang tahan akan bahan kimia serta tahan panas. Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen dilengkapi dengan dengan tutup terkadang untuk membuat reaksi kimia mangkok atau wadah ini perlu ditutup agar reaksi kimia yang sedang berlangsung dapat berjalan sempurna.Untuk membuka titup dari wadah ini diharusknan menggunakan alat penjepit atau lebih dikenal dengan Tang krusibel, alat penjepit ini terduat dari bahan yang anti panas serta kuat. Krusibel berfungsi untuk meleburkan logam  kemudian logam tersebut dibentuk lagi menjadi bentuk yang lebih bagus dan menarik.Berbagai bentuk serta ukuran yang ada memiliki fungsi yang sama serta kekuatan yang sama pula.

Krusibel terkadang digunakan untuk menumbuk ataupun meracik obat tidak hanya untuk memanaskan serta meleburkan logam. Logam-logam yang akan dileburkan atau dicairkan dimasukkan kedalam kruisebel  dipanaskan lalu ditutup, hasil pencairan atau peleburan masih dalam keadaan panas dibentuk kembali sesuai dengan bentuk yang terbaru. Peleburan yang dilakukan bisanya berupa peleburan logam emas, logam ini dilebur untuk dijadikan beberapa bentuk atau beberapa bentuk serta ukuran dijadikan satu untuk menghasilkan bentuk yang baru. Ukuran-ukuran dari kruisibel beraneka bentuk, ukuran seperti alat Peraga Kimia Krusibel Porselen 30 ml salah satu ukuran yang digunakan di sebuah ruang laboratorium.

Alat Peraga Kimia Krusibel Porselen 30 ml dalam penggunaanya sebaiknya tidak langsung menggunakan air dingin karena tempat atau wadah ini akan langsung pecah  dimana  diwadah tersebut terjadi perubahan suhu secara tiba-tiba. Logam-logam yang leburkan dengan cara alat peraga diletakkan diatas alat penyangga berkaki tiga yang dibawahnya terdapat alat pemanas spiritus, wadah ini tidak hanya untuk meleburkan logam dapat juga digunakan memanas serta melarutkan cairan kimia dengan menggunakan suhu yang tinggi ataupun suhu sedang. Pada setiap laboratorium yang disekolah alat peraga kimia krusibel  memiliki fungsi penting untuk melakukan percobaan IPA  yang dilakukan para siswa untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Tabung sentrifugasi

Alat Peraga Kimia Pipa penghubung bentuk Y dia 7 mm