Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga


Mempelajari kimia memang perlu kegigihan, kesabaran dan ketelitian. Bentuk tahapan dalam menjalani bab demi bab pada pelajaran kimia adalah penelitian atau percobaan. Percobaan kimia sering melibatkan beberapa alat yang tidak digunakan secara umum dan hanya ditemukan pada ruangan tertentu seperti laboratorium kima saja. Jenis alat – alat ini disimpan dengan penanganan khusus sesuai karakteristiknya agar dapat awet dan bertahan lama. Perawatan ini sangat penting mengingat hampir semua alat – alat percobaan tidak bisa dibeli dengan harga yang murah karena dalam pembuatannya pun cukup kompleks.  Salah satu jenis alat yang penting dalam percobaan adalah alat peraga kimia kaki tiga.
Seperti namanya, alat ini memang didesain memiliki tiga kaki untuk menunjang stabilitasnya. Dengan bentuk kepala berupa lingkaran dan kaki – kaki yang terbuat dari logam, alat peraga kimia kaki tiga mampu menahan berat gelas ukur atau bejana yang digunakan untuk percobaan tentang reaksi kimia. Selain itu, strukturnya yang memiliki rangka lingkaran dan kaki tiga membuat keseimbangan dari alat ini amat terjaga meskipun menahan beban yang memiliki volume tertentu. Pada umumnya, alat ini dimanfaatkan untuk percobaan yang membutuhkan reaksi pembakaran karena ada tempat khusus untuk meletakkan kompor spirtus kecil sebagai media pembakar.
Karena alat peraga kimia kaki tiga memang sangat penting untuk penerapan percobaan, maka biasanya sekolah – sekolah memesan produk tersebut di agen yang memang memiliki kualitas pelayanan dan produk amat tinggi. Toko online yang sangat direkomendasikan untuk membeli alat – alat peraga fisika seperti kaki tiga adalah Toko Edukasi. Calon pembeli bisa melihat dulu detail produk, ulasan dan gambar yang bisa di zoom dengan membuka alamat website Jual Alat Peraga Terbaik. Di website tersebut, akan ada banyak pilihan alat peraga fisika maupun kimia. Salah satunya adalah kaki tiga. Untuk sekolah yang ingin memesan dalam jumlah banyak, harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Meskipun membeli 1 unit maka biaya yang dibebankan hanya Rp 40.800,00 dibanding harga aslinya Rp 68.000,00. Jadi setiap unit akan ada potongan 40% atau Rp 27.200,00.


Cara penggunaan alat peraga kimia kaki tiga adalah dengan diletakkan pada tempat yang datar dan tidak menghantarkan api. Jadi, sebaiknya jenis meja atau alas yang dipilih adalah ubin atau lantai. Karena jika meja besi atau kayu dikhawatirkan saat proses pembakaran dilakukan akan terjadi gesekan antara api dengan konduktornya yang menyebabkan kebakaran. Setelah diletakkan di bidang yang stabil dan bersifat isolator maka selanjutnya tambahkan kawat kassa di bagian lingkaran. Pada percobaan pembakaran, kawat kassa akan berfungsi sebagai alas untuk menyangga atau menahan labu, gelas ukur, atau beaker yang dipanaskan.
Saat melakukan percobaan yang membutuhkan proses pembakaran, maka gunakan pemanas spiritus, pemanas bunsen atau kompor kecil yang memang didesain secara komprehensif sebagai pasangan dari alat peraga kimia kaki tiga. Jangan memanfaatkan alat pembakar lain yang nyala apinya terlalu besar karena bisa mengakibatkan gelas hangus atau bahkan pecah sehingga isinya tumpah. Hal ini bisa sangat berbahaya apabila isi dari gelas yang pecah adalah zat kimia yang reaktif terhadap api atau spiritus. Di sekolah, sebelum percobaan terjadi para laborat dan guru perlu menghimbau kepada seluruh siswa untuk menerapkan tata tertib dan aturan dalam percobaan pembakaran secara terstruktur. Jangan sampai terjadi kecelakaan saat melakukan percobaan.

Komentar

  1. If so, then there is no need to worry anymore because in this article we will explain how to opt for a dissertation service that will guarantee your degree.alltechpride.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif