Berbagai fungsi Alat Peraga Fisika Slinky dan pernah tenar menjadi permaian tahun 90-an

Pada tahun 1943 salah satu insinyur  Angkatan Laut Amerika Richard T. James mengembangkan  permainan pegas yang berbentuk spiral , lalu pada bulan November 1945 permainannya ini  diperkenalkan dan memainkan permainan ini di pusat perbelanjaan yang ada di di Philadelphia. Pada  awal James melihat gulungan dan tumpukan buku maka dimulailah ia membuat gulungan-gulungan dari baja ringan yang dibuat spiral dilakukan beberapa percobaan  dan akhirnya pada November  1964 dperkenalkan. Di Indonesia pada tahun 90-an  permainan  Alat Peraga Fisika Slinky  mulai dikenal ada yang terbuat dari besi  ringan yang dibuat per, permainan slinky ada yang terbuat dari palastik yang mudah dilenturkan agar lebih menarik diberi warna-warni seperti pelangi.

Alat Peraga Fisika Slinky berbentuk seperti per ini sering dimainkan anak dan remaja pada tahun 90-an cara memainkan menjatuhkan atau melempar mainan slinky ke bawah lalu pada salah satu titiknya ditarik pada titik beratnya, atau  slinky dibuang ke tanah aa terlihat permainan itu melompat-lompat seolah-olah sedang digerakan  oleh pemainnya, atau dapat berdirinya kembali pegar pada waktu dilemparkan kebawah. Dengan memainkan permainan ini akan membuat para pemainnya bersuka cita sehingga perasaan yang sedang berkecamuk ataupun galau akan terobati setelah memainkan permainan ini.
Selain untuk permainan Alat Peraga Fisika Slinky  yang merupakan ulir-uliran yang terbentuk dari rangkaian besi atau kawat yang dibentuk seperti per . Ukuran per atau pegas tergantung uantuk apa benda ini digunakan, beberapa penggunan slinky sebagai berikut :
  • Untuk dibuat springbed
Pegas yang berada pada kasur ini digunakan untuk menopang berat badan pemakainya, dimana per atau pegas yang terdapat pada kasur ini akan bergerak melentur hingga yang tidur diatas kasur ini akan merasa nyaman.
  • Digunakan sebagi shock baker kendaraan bermotor
Pegas atau per ini digunakan agar pengendara kendaraan motor akan merasa nyaman karena dengan adanya pegas gaya gesek akan semakin halus, mengurangi serta meredam guncangan serta goyangan pada motor tidak terlalu terasa.
Diperlukan suatu alat bantu untuk mempermudah pekerjaan Alat Peraga Fisika Slinky  salah pilihan untuk memperingan  suatu pekerjaan, kini telah banyak rumah untuk menahan goncangan menggunakan konstruksi pegas dengan menggunakan konstruksi bangunan akan lebih kuat. Tidak hanya itu pegas juga digunakan untuk kendaraan untuk menahan beban yang lebih berat agar kendaraan kuat menahannya, selain itu  per klep, per kopling yang merupakan bagian dari mesin dibuat dari pegas agar dapat menahan berat atau beban ketika akan atau sedang mengerem laju kendaraan.  Tempat duduk penumpang juga terbuat dari per atau pegas agar penumpang atau pengemudi yang menduduki tempat tersebut ka merasa nyaman.
Cara pegas yaitu bentuk akan kembali bila beban dilepaskan, karena telah terjadi penyimpangan energi pada waktu terjadinya pembebanan. Alat Peraga Fisika Slinky digunakan untuk menyimpan energi yang diterima agar energi dapat kembali, kejutan yang terjadi pada pegas dapat dilunakkan bila tejadi suatu tumbukan, untuk mengukur hal ini digunakan pada timbangan, kendaraan yang dijalankan dengan roda dimana gaya pegasnya didistribusiknan ke mesin, Pada mesin press gaya yang dibatasi dengan pegas, Pelajaran IPA dengan menggunakan alat akan membuat para siswa dapat cepat mengerti dan memahami. Untuk melihat bentuk dan haraga dari alat peraga ini anada dapat membuka   http://www.atera.id .  Pegas sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan aktivitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium