Alat Peraga Kimia Tabung Resonansi dan Penjelasannya

Alat peraga kimia tabung resonansi adalah alat peraga yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan rambat gelombang suara di udara. Alat peraga ini jelas diperlukan saat pelajaran Fisika. Kita mulai dengan pengertian dari resonenasi terlebih dahulu. Resonansi merupakan peristiwa ikut bergetarnya suatu benda dikarenakan adanya benda lain yang bergetar dan mempunyai frekuensi yang sama atau bahkan kelipatan bilangan buat dari frekuensi tersebut.

Nah, peristiwa resonansi tersebut pada tabung resonenasi digunakan untuk mengukur kecepatan rambat bunyi di udara. Jadi, sekali lagi, alat peraga kimia tabung resonansi ini berfungsi sebagai media untuk menyelidiki gelombang suara di dalam tabung yang tertutup dan terbuka. Pada bagian yang tertutup akan memiliki noda tetapi pada bagian yang terbuka akan memiliki anti node. Node di sini merepresentasikan area atau daerah dimana kecepatan udara yang dimaksud minimumnya adalah nol, sedangkan anti node akan merepresentasikan area atau daerah dimana kecepatan udara yang dimaksud adalah maksimumnya, sehingga dengan memperbesar panjang bagian aktif dari tabung resonansi, suara yang dihasilkan juga akan menjadi nyaring di setiap node berurutan dan menjadi senyap pada anti node.
Bagian-bagian dari alat peraga kimia tabung resonansi ini bisa Anda lihat pada poin-poin yang ada di bawah ini:
  • Pemukul garpu tala untuk memnggetarkan garpu tala
  • Garpu tala berperan sebagai sumber getaran
  • Selang penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan air antara reservoir dengan tabung resonansi
  • Reservoir berfungsi sebagai penampung air serta mengatur ketinggian air
  • Tabung resonansi berfungsi sebagai tempat terjadinya resonansi
  • Dasar statif berfungsi sebagai penyangga batang statif
  • Batang statif berfungsi sebagai penyangga tabung resonansi supaya bisa berdiri
  • Penjepit statif berfungsi sebagai penjepit tabung supaya tabung bisa berada dalam keadaan statis
Tidak ada kalibrasi pada alat peraga kimia tabung resonansi ini, namun sebelum digunakan, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tabung resonansi supaya bersih sehingga nantinya tidak ada zat lain yang bisa mempengaruhi hasil pengukuran. Untuk bisa melakukan pengukuran dengan menggunakan tabung resonansi, Anda bisa mengikuti prosedur yang kami sampaikan di bawah ini:
  • Usahakan agar permukaan air di dalam tabung cukup tinggi
  • Ambillah garpu tala yang frekuensinya sudah diketahui sebelumnya
  • Getarkan garpu tala tersebut dengan menggunakan pemukul garpu tala
  • Perhatikan pada saat bunyi nyaring yang pertama, lalu ukur tinggi kolom dengan menggunakan meteran
  • Selanjutnya turunkan permukaan hingga didapatkan bunyi nyaring yang kedua, lalu ukur kembali tinggi kolomnya
  • Kemudian turunkan kembali permukaan hingga didapatkan bunyi nyaring yang ketiga, lalu ukur tinggi kolomnya
  • Catat kedudukan permukaan air ini pada saat terjadi resonansi
Itulah prosedur penggunaan alat peraga kimia tabung resonansi. Setelah selesai digunakan, sebaiknya langsung buang air yang masih tersisa supaya tabung tidak menjadi kotor apalagi berlumur. Setelah itu, simpan tabung ini di tempat yang aman, karena tabung terbuat dari bahan yang mudah pecah, kemudian pastikan juga bahwa reservoir tidak dalam keadaan bocor. Jangan lupa soal garpu tala, bersihkan garpu tala ini setiapk kali selesai digunakan supaya tidak menjadi berkarat. 
Demikian penjelasan mengenai alat peraga kimia tabung resonansi ini, jika Anda ingin membelinya, sekarang Anda sudah bisa melakukan pembelian secara online, salah satunya adalah dengan melalui website http://www.atera.id/. Anda juga bisa mengunjungi website ini jika ingin membeli alat peraga yang lainnya, karena website tersebut tidak hanya menyediakan tabung resonansi saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga