Alat Peraga Kimia Penjepit Tabung Reaksi dan Penjelasannya

Salah satu benda yang sepertinya wajib ada di dalam laboratorium kimia adalah tabung reaksi. Tabung reaksi ini merupakan tabung yang terbuat dari sejenis kaca ataupun plastik yang memiliki kemampuan untuk bisa tahan dengan perubahan temperatur serta reaksi kimia. Tabung reaksi ini ada yang tanpa tutup tetapi ada juga yang dilengkapi dengan tutup. Tabung ini juga terdiri dari berbagai variasi ukuran baik itu dari segi panjangnya maupun dari diameternya, sehingga penting untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu sebelum membelinya. Sesuai dengan cara penyebutannya.

tabung reaksi ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengembangbiakkan mikroba dalam media cair dan juga berfungsi sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia dalam skala yang kecil di dalam laboratorium. Beberapa reaksi yang biasa menggunakan tabung reaksi ini adalah reaksi reduksi atau reaksi oksidasi.  Di dalam penggunaanya, tabung reaksi ini juga dibarengi dengan penggunaan benda lain seperti rak tabung reaksi dan alat peraga kimia penjepit tabung reaksi.
Nah, sesuai dengan namanya, alat peraga kimia penjepit tabung reaksi ini merupakan alat untuk menjepit tabung reaksi pada saat dipanaskan dan memindahkan tabung yang telah dipanaskan ataupun pada saat proses pemanasan. Alat ini memiliki bentuk persegi dan dipoles dengan nikel. Panjang dari penjepit tabung reaksi adalah sekitar 18 cm dan bisa digunakan untuk menjepit tabung reaksi dengan diameter sekitar 10 mm hingga 25 mm. Sedangkan mengenai bahan dasar, alat ini dibuat dari kayu dengan jepitan yang dibuat dari baja.
Pengetahuan mengenai cara menggunakan alat, apapun itu, di dalam laboratorium kimia ataupun ruang laboratorium yang lainnya penting untuk diketahui demi menghindari terjadinya kerusakan alat. Begitu pula dengan saat kita hendak menggunakan alat peraga kimia penjepit tabung reaksi ini, kita juga harus tahu dulu caranya. Sebenarnya caranya sangat mudah, karena Anda hanya perlu menekan bagian tengah penjepit, sehingga bagian kepala penjepit menjadi terbuka. Setelah kepala penjepit ini terbuka, Anda bisa langsung menjepitkannya pada tabung reaksi yang Anda inginkan, dan jika kemudian ternyata alat ini longgar atau penjepitnya mudah terlepas atau bahkan terlepas, Anda bisa langsung memperbaikinya supaya bisa segera digunakan kembali.
Jangan lupa untuk selalu merawat alat peraga kimia penjepit tabung reaksi ini supaya umurnya bisa panjang. Caranya adalah dengan langsung membersihkan alat begitu selesai digunakan. Ada baiknya jika pada proses membersihkan ini, Anda menggunakan air biasa untuk mencucinya lalu ambil kain bersih untuk me-lap alat kecil yang satu ini. Selanjutnya simpan penjepit tabung reaksi di tempat yang tidak lembab supaya kayu tidak berjamur. Sebaiknya juga Anda menyimpannya di tempat yang aman, mudah dicari serta mudah untuk dijangkau mengingat ukuran benda ini yang cukup kecil dan rawan untuk sulit dilihat karena tertutupi oleh benda-benda lain yang ukurannya lebih besar.
Kiranya sampai di sini dulu penjelasan tentang alat peraga kimia penjepit tabung reaksi ini. Untuk mendapatkannya penjepit tabung reaksi ini, sekarang Anda sudah bisa melakukan pembelian secara online, salah satunya adalah dengan mengunjungi website http://www.atera.id. Di website ini, Anda juga bisa sekalian menemukan alat peraga yang lainnya, karena alat peraga yang dijual bukan penjepit tabung reaksi saja seperti tabung reaksi, kertas lakmus dan lain-lain. Oke, demikian tulisan ini, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan Alat Peraga Kimia Batang Pengaduk Untuk di Laboratorium

Alat Peraga Matematika Papan Koordinat Untuk Membantu Belajar Anak

Alat Peraga Kimia Pipa Kapiler dan Fungsinya