Alat Peraga IPS Tata Surya untuk Siswa SD dan SMP

Menjelaskan suatu teori kepada anak kecil, terutama di tingkat SD dan SMP sering membutuhkan alat peraga. Hal tersebut karena anak kecil susah untuk menangkap suatu teori tanpa membayangkan atau menggambarkan wujud asli teori tersebut. Untuk menjelaskan banyak ilmu tentang subyek Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), guru sering mengajak para murid untuk pergi melihat ekosistem sekitar dan praktik menggunakan alat yang biasa digunakan sehari-hari. Hal tersebut mudah untuk dilakukan bila materi yang akan dijelaskan terkait kondisi atau fenomena alam sekitar, sehingga barang-barang untuk melakukan percobaan tersebut tentu mudah didapat untuk menjelaskan suatu fenomena. Namun akan menjadi berbeda halnya bila menjelaskan keberadaan planet, sistem tata surya, dan jumlah planet dalam galaxy kita. Untuk menjelaskan materi yang rumit tersebut, tentunya guru membutuhkan bantuan alat peraga IPS tata surya.

Alat peraga IPS tata surya mungkin sudah kita jumpai sejak saat kita kecil dahulu. Namun faktanya, hanya sekolah-sekolah tertentu yang memiliki alat untuk menjelaskan sistem tata surya ini. Hal ini karena tidak banyak toko penyedia bahan-bahan materi sekolah yang menyediakan alat peraga sistem tata surya ini. Namun kini para guru tidak perlu khawatir, karena kehadiran atera.id akan membantu menyediakan semua kebutuhan belajar mengajar, terutama terkait beberapa alat peraga di bidang tertentu.
Menjelaskan sistem tata surya dengan alat peraga IPS tata surya kepada anak tentu akan membuat imajinasi anak berkembang dan anak jadi yakin tentang sistem tata surya di dunia. Anak jadi mudah mengetahui dimana letak suatu planet tertentu, dimana letak bumi, dan bagaimana semua planet mengelilingi matahari. Bentuk alat peraga sistem tata surya yang unik tentu akan membuat anak semakin tertarik untuk mendalami ilmu alam dan juga sistem tata surya yang ada di galaxy ini. Meskipun anak sering memainkan alat peraga ini, namun produk yang disediakan di atera.id telah bersertifikasi dan berkualitas tinggi, sehingga alat tersebut tidak akan mudah rusak atau patah saat dimainkan, sehingga guru tidak perlu khawatir untuk membiarkan anak murid mengeksplor sambil bermain alat peraga sistem tata surya ini.
Cara guna alat peraga IPS tata surya adalah sebagai berikut. Di bagian paling kiri ada bola paling besar yang berwarna jingga kemerahan. Bola tersebut diibaratkan dengan matahari yang berukuran besar. Selanjutnya, ada beberapa bola kecil di sebelah kanan, dan bola-bola tersebut merupakan planet-planet. Ukuran bola matahari dan bola planet sudah disesuaikan dengan perbandingan pada ukuran aslinya. Sehingga guru dapat menjelaskan bahwa bila ukuran bumi sangat kecil yakni sepersekian dari ukuran matahari. Susunan planet dalam alat peraga secara urut mulai dari yang terdekat dengan matahari meliputi Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto. Selain itu, pada alat peraga ini juga sudah didesain menyerupai bentuk planet pada aslinya, seperti Jupiter dengan cincinnya.
Alat peraga IPS tata surya ini juga digunakan untuk menjelaskan evolusi atau pergerakan planet mengelilingi matahari. Disini guru akan dapat menjelaskan dengan mudah bagaimana planet-planet dapat mengelilingi matahari secara beraturan dan tanpa berbenturan. Penjelasan perputaran planet mengelilingi matahari tersebut juga akan menentukan ukuran 1 tahun di setiap planet berbeda-beda. Bila 1 tahun di bumi sama dengan 365 hari, maka 1 tahun di planet Pluto akan bertahun-tahun lebih lama dibandingkan bumi. Guru juga dapat menjelaskan bahwa semakin jauh letak planet dari matahari, maka suhu di planet juga akan semakin dingin.
sumber gambar : tokoedukasi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIRAL! Perusahaan SEO Terbaik di Jakarta

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

10 Strategi Marketing Yang Baik Dan Efektif