Alat Peraga Elektronika Microprocessor Trainer dan Fungsinya

Salah satu alat yang bisa diandalkan saat proses pembelajaran mikroprocessor di Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Mekanik Elektronika adalah alat peraga Elektronika Microprocessor Trainer. Jika hendak menyinggung microprocessor itu sendiri, kita bisa mengartikannya sebagai sebuah chip yang di dalamnya terdapat rangkaian CU atau Control Unit, rangkaian ALU atau Arithmetic Logical Unit dan register-register. CU atau Control Unit ini berfungsi untuk mengontrol fungsi processor, kemudiann ALU atau Arithmetic Logical Unit berfungsi untuk menyediakan fungsi pengolahan dan register berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara di dalam microprocessor.

Alat peraga elektronika Microprocessor Traine ini pas jika digunakan pada saat proses pelatihan micropocessor baik itu saat masih tingkat dasar ataupun sudah tingkat lanjutan bahkan hingga ke pemrogaman modelnya. Mulai dari penulisan, proses menjalankan hingga edit data dan juga analisa program bisa dilakukan dengan memanfaatkan tombol-tombol fungsi yang ada pada keyboard sehingga proses pembelajaran langkah-langkahnya juga bisa lebih rinci, jelas ini sangat membantu siswa agar bisa lebih paham mengenai materi dan praktek yang diberikan.
Karena merupakan alat peraga yang memiliki model kompak, alat peraga elektronika Microprocessor Trainer ini memiliki keistimewaan berupa Paralel port 2 x 8 bit yang langsung bisa digunakan untuk peralatan luar juga sudah terpasang pada panel bagian belakang yang bisa dipakai untuk melakukan percobaan input dan output.  Kelebihan yang lainnya adalah alat ini sudah dilengkapi dengan keyboard dengan 40 tombol input dan juga fungsi dengan displaynya 6 digit seven segment. Terdapat juga paralel port, 8 Bit I/O, buku manual dan panduan praktek, terminal membaca atau menulis program melalui kaset tape recorder, terminal expand system, expand EPROM, loudspeakerm bradboard, 4 sakelar input dan juga 4 LED display. Alat ini tidak memerlukan perangkat lunak eksternal pada saat digunakan, kita hanya perlu mengetikkan urutan programnya, baik itu dalam bahasa basicnya maupun dalam bahasa assemby ke dalam alat dengan melalui keypad yang tersedia.
Selanjutnya, alat peraga elektronika Microprocessor Trainer memungkinkan kita untuk memeriksa ataupun mengubah isi register pada microprocessor dengan mudah. Programnya juga bisa dijalankan dalam mode yang per tahap maupun dalam mode yang terus berjalan. Ada juga antarmuka pita kaset audio yang dijalankan dengan cara yang sederhana kaitannya untuk menyimpan ataupun mengambil kembali sebuah program. Semua baris input dan outputnya juga tersedia untuk ekspansi off-board dan masih dilengkapi dengan sebuah papan sirkuit untuk membangun sirkuit eksternal. Alat ini bisa Anda dapatkan baik secara offline maupun secara onlline. Jika Anda tertarik untuk mendapatkannya secara online, Anda bisa membuka website http://www.atera.id/, dimana website tersebut memang menyediakan berbagai alat peraga termasuk Microprocessor Trainer ini. Untuk spesifikasi Microprocessor Trainer yang ada di website tersebut adalah sebagai berikut:
  • Dimensi 285 x 215 50 mm
  • Warna kotaknya adalah merah
  • Bahan kotaknya adalah aluminium 1,5 mm
  • Sumber dayanya power supply 8 volt DC
  • Training Microprocessor (80 jam)
Fungsi utama dari Microprocessor ini adalah untuk mengendalikan seluruh sistem kerja microprocessor, mengerjakan fungsi-fungsi operasi logika serta aritmetika, memindah data ke dan dari memori, mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi dan lain-lain. Oke, itulah pembahasan mengenai alat peraga elektronika Microprocessor Trainer yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi yang memberikan manfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan Dan Cara Penggunaan Alat Peraga Kimia Pinggan / Cawan Penguap 100 ml

Alat Peraga Kimia Tang Krusibel untuk Keperluan Laboratorium

Cara Penggunaan Serta Manfaat Dari Alat Peraga Kimia Kaki Tiga